Sunday, July 15, 2018

SIMRS GOS


Kebutuhan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi rumah sakit untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja rumah sakit dalam pelayanan kesehatan. Dengan semakin kompleksnya sistem pelayanan rumah sakit, diperlukan suatu sistem yang dapat mencakup seluruh kebutuhan rumah sakit mulai dari front office, back office, data base pasien, manajemen gudang, stok obat dan lain sebagainya.

Kendala utama dalam mewujudkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah rumah sakit sulit untuk membuat SIMRS secara mandiri karena kurangnya tenaga IT pada rumah sakit atau rumah sakit belum mampu untuk menyediakan dana dalam rangka mengembangkan SIMRS yang bekerjasama dengan pihak ke 3.

Sebagai jawaban dari hal tersebut di atas, Kementerian Kesehatan menyediakan aplikasi SIMRS GOS bagi rumah sakit yang belum memiliki SIMRS atau bagi rumah sakit yang sudah memiliki SIMRS namun bermasalah dalam pengembangannya. 

Aplikasi SIMRS GOS dari Kementerian Kesehatan ini bersifat open source, dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang sangat umum digunakan yaitu PHP dan pengolahan database menggunakan MySQL. Dengan sifatnya yang open source, maka rumah sakit dapat mengembangkan SIMRS GOS sesuai dengan kebutuhannya. Staf IT programmer pada rumah sakit dapat melakukan modifikasi modul-modul yang ada pada SIMRS GOS sehingga dapat diimplementasikan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) bisnis pelayanan Rumah Sakit. 

No comments:

Post a Comment